RIWAYAT SINGKAT

PERENCANA DAN PELAKSANA TOKOH PENDIRI “ YAYASAN BAABUSSALAAM”

 

  1. Bapak Kiai AHMAD SHODIKIN ( Bapak MUALIM SHODIQIN) alamat di Jalan Sukarma Blk. N0.5 RW.03

Babakan Asih Kec. Bojongloa Kodya Bandung

  1. Bapak H.USTMAN SADELI (Ex. Pemborong Bangunan ) di Pemda kota  Madya Bandung, BPM

(Perminyakan/Pertamina) se-Wilayah Jawa Barat  dan di AURI sebagai DIR. FIRMA “PESAT” dan C.V               “HARAPAN”

 

Pada perkiraan tahun  1954 kedua insan itu memasuki organisasi L.K.U. (Lembaga Kesejahtraan Umat)  se Kelurahan /Lingkungan sekarang se Kecamatan Bojongloa s/d tahun 1955.

Adapun tugas kedua insan tersebut memberika pengarahan bidang Agama Islam dari RK.1 s/d 27 (Sekarang RW) tiap malam keliling ke tiap-tiap RW, istirahat jam 3 malam, yaitu tgl. 28 s/d akhir bulan, terus menerus memberi da’wah mengenai kerukunan beragama dan keamanan, pada akhir tahun 1955 kami berdua menemui suatu tempat da’wah di satu lorong kira-kira 2 ½ Mt X10 Mt kami menerima informasi dari RT bahwa tempat itu dipergunakan untuk mengajar anak-anak (sekolah/Madarash)

Sekembalinya dari tempat itu besoknya kami mengadakan wawancara dengan bapa Kiai Ahmad Shodiqin ditempat kami  Jl. Sukarma No. 6 Bandung, antarannya kami  tergugah dengan adanya suatu penemuan yang sangat menusuk hati untuk meggugah terhadap kemajuan  Agama Islam, Kami merencanakan untuk mendirikan sebuah Madarasah, adapun tempatnya yaitu dibekas garasi yang menempel sebelah rumah kami sedangkan ukuranya tidak lebih dari 3 Mt X 12 Mt terus tempat itu setelah disetujuai oleh bapak Kiai Ahmad Shodiqin itu, lalu kami mempersiapkan  segala keperluan tersebut, meja bangku alakadarnya. Alhamdulilah dapat sambutan baik dari Masyarakat daerah sekitarnya  dan ditambah dari  Blok Tempe, Sukaleueur, Bojong Gaok, Babakan Tarogong Timur (Arroja) dan  dari Nyengseret  sampai jumlahnya mencapai  kurang lebih 300  orang  putra dan putri ,  sedang belajarnya jam 7.00 s/d jam 10.00,  dari jam 11.00 s/d 13.00 dan jam 15.00 s/d 17.00 tidak ada kosongnya, sedangkan waktu belajar tengah hari  dapat dibayangkan panasnya bukan main tempat yang sebegitu sempit diisi kurang lebih 50 orang  anak-anak, sampai anak-anak itu membuka baju  pada waktu belajar, Bapak Kiai  Ahmad Shodiqin sangat sabar melihat anak didiknya begitu nakal dan merasakan panasnya  yang luar biasa.

Akhirnya pada tahun 1958 berikhtiar untuk mencari tempat yang agak luas, Alhamdulilah ada yang menjual  tanah yang dipakai sekarang  akan tetapi kami belum mempunyai uang, sedangkan tanah tersebut sudah ditandai  akan didirikan Madarash  Berkat Kebijasanaan bapa Kiai Ahmad Shodiqin  menyarankan untuk mencari dana  (tanda Jadi)  coba-coba saja ke mang Oyib  katanya (Pa. H. Toyib) Alhamdulilah uang pertama  untuk panjer dapat pinjaman sementara  sebanyak Rp. 3000. (Tiga Ribu Rupiah)  terus dipanjerkan kepada Bapak Lurah Akub  sebagi kuasa dari Bapak H. Kosasih  Setelah itu baru Kami  merintis untuk mendirikan  Tajug  (Mushola)  bahannya dari bambu (diceblok)  juga panggungnya semuanya dari bambu  ukuranya 4 Mt X 6 Mt selanjutnya mendirikan banguna Madrasah  Ukuranya 15 Mt. X 5 Mt  yang sebelah selatan juga semuanya dari bahan bambu  dan bilik atap genting, Pada perkiraan tahun 1959 yang mempunyai tanah mendesak untuk membayar/Melunasi tanah tersebut  yang jumlahnya  65 Tumbak  X Rp. 1.500,- = Rp. 97.500,- (sembilan puluh tujuh ribu limaratus rupiah)

Alhamdulilah atas karunia Alloh SWT dapat mengumpulkan uang sebanyak itu dikurangi Rp. 3000,- dari para jamaah  yang manitipkan jariahnya dan wakap tanah ada yang 3 tumbak yang 1 tumbak ada yang 1/2 tumbak dan sebagainya, sehingga dapat melunasi tanah tersebut.

Setelah itu kami merasa lega, lalu kami musyawarah dengan warga /akhli Masjid untuk mendirikan sebuah lembaga, yaitu pertama setelah musyawarah  dapat disetujuai untuk mendirikan Yayasan Pendidikan Agama Islam, sedang nama Yayasan  itu diundi kemudian setelah itu baru kami mengumpulkan ikhwan-ikhwan antaranya Kiai Ahmad Shodiqin, Bapak Ali Ibrahim, Bapak R. Ganda Diharja,  Bapak Suhana Wigelar, Bapak Letnan Sodikin.

 

 

  1. Untuk nama Yayasan : dari Bapak Ali Ibrahim, dari Bapa Muallim Shodiqin Namanya Math’launnaja,                                               dari Bapa Hasan Mukarrom = Kanzul Ulum,

dari Bapak Utsman Sadeli = Baabussalaam,

Setelah diundi ternyata yang keluar Math’launnaja. Maka Yayasan  Itu namanya  :

Yayasan Math’launnaja  diurus oleh tujuh orang yaitu :

  1. Ketua oleh : Bapak Usman Sadeli
  2. Wakil Ketua : Bapak R.Ganda Diharja (Alm)
  3. Sekretaris I : Bapak Suhana Wigelar
  4. Sekretaris II : Wasno Aminudin (Sekarang Di Magelang)
  5. Bendahara I : Bapak Ali Ibrahim (Sekarang H.Ali Ibrahim)
  6. Bendahara II : Letnan Sodikin
  7. Pemb. Umum : Bapak Kiai Ahmad Shodiqin ( Mualim Shodiqin)

Penasehat :

  1. Bapak Kiai Habib Utsman (Ketua Yayasan Assalaam ) Jl Sasak Gantung Bandung
  2. Bapak R. Iwa Kartiwa (Sekarang Rd. Iwa Kartiwa) BP.7 Prop Jabar Bandung
  3. Bapa Akubadhiwisastra (Lurah Bojongloa/ Ling/Camat)

 

  1. Pada pemilihan nama untuk Madrasah didapat oleh Bapak Hasan Mukarrom, Yaitu : Kanzul Ulum

III. Pada Pemilihan nama Masjid didapat oleh Bapak H. Utsman Sadeli  yaitu Nama Masjid Baabussalaam

 

Pada tahun 1961, tepatnya tanggal 27 April 1961 didirikan sebuah Yayasan yang lengkap : Yayasan Pendidikan Agama Islam Math’launnaja. yang beralamat di Jl. Sukarma No. 244/198 a  dan  ( Sekarang No.6)  susunan pengurusnya seperti tertera diatas dan Notarisnya N.Lie Kwe Nio  Jl. Citarum Bandung Notaris Akta  No, 127 ,

 

Pada suatu hari mengadakan pengajian dalam rangka memperingati Maulid Nabi Besar Muhammad SAW, dengan penceramah Bapak Kiai H. Saefudin dari Pesantren Al Falah (Cilember) Bandung

Pengunjung sudah berbondong-bondong menghadiri undangan sedang Bapak Kiai H. Saefuddin masuk dulu ke Masjid yang panggung itu dibuat dari bambu, setelah solat sunat beliau terus mendu’a memohon kehadirat Illahi Rabbi, jangan ada lagi di Bandung ini masjid yang seperti ini dibuat dari bambu, malah Bapak Kiai memeberi nama  Masjid Al Bambu,

Pada waktu di Panggung sebelum memulai pengajian beliau mengatakan saya merasa prihatin rumah seisinya diambil pencuri sehingga tinggal yang dipakai seperti ini yaitu baju kampret dan poleng yang Lusuh, sebetulnya saya tidak biasa seperti ini (malu)  akan tetapi yang terjadi pada diri saya begini apa boleh buat saya pakai seadanya, lalau mengatakan saya tidak akan hadir lagi ketempat ini apabila masih menyedihkan begini masjid bambu, Madrasah dsb,  dari bambu,  kalau  sudah permanen Insya Alloh akan datang lagi ke tempat ini,

Alhamdulilah atas karunia Alloh SWT setahap demi setahap berjalan dengan lancar  pada tahun 1961 tepatnya tanggal 27 Agustus 1961 dapat dibangun masjid yang sekarang ini,  terus-terus mengerjakan bangunan sekolah /Madarasah dapat sumbangan yang shodaqoh dan jariyah sehingga ada peningkatan.

 

 

 

 

Pada waktu anak-anak sekolah/Madrasah kurang laku maka banting setir  dijadikan sekolah dasar (SD)

namanya tetap,   baik madrasah atau SD Kanzul Ulum tetapi anak itu mengatakan SD/Madarasah Baabussalaam Susah mengatakan Kanzul Ulum terutama Yayasan Math’launnaja  susah lagi, terus kami mengadakan musyawarah agar Yayasan diganti jadi Yayasan Baabussalaam, terus kami mengadakan musyawarah dan menambah yang kosong dan mengganti yang tidak aktif (disempurnakan) pengurusnya oleh Notaris Kurniati akte  Notaris No. 160.

Pada tanggal 14 April 1986 disempurnakan lagi susunan  dengan Notaris Liana Nugraha SH, No. 16 susunan pengurusnya :

 

SUSUNAN PENGURUS YAYASAN BAABUSSALAAM

 

PENASIHAT:

BAPAK RD IWA KARTIWA (DRS)

 

 

NO PENGURUS NAMA /ALAMAT JABATAN
 

1

NAMA H.UTSMAN SADELI KETUA UMUM
ALAMAT JLN SUKARMA NO. 06  KOTA MADRA BANDUNG
 

2

NAMA M.HASAN MUKARROM, BA KETUA 1 BIDANG ORGANISASI
ALAMAT JL. CETARIP BARAT  NO 73 KOTAMADYA BANDUNG
 

3

NAMA M.JOHAN MUHTADIN, BA KETUA II BIDANG PENDIDKAN
ALAMAT JL. CETARIP BARAT 82 KOTAMADYA BANDUNG
 

4

NAMA AHMAD ZEIN ARIFIN SEKRETARIS I
ALAMAT JL. SUKARMA NO. 270/198 A KOTA MADYA BANDUNG
 

5

NAMA ANWAR HIDAYAT SEKRETARIS II
ALAMAT JL. SUKARMA NO 6 KOTA MADYA BANDUNG
 

6

NAMA SITI SALAMAH BENDAHARA I
ALAMAT JL. SUKARMA NO. 06 KOTA MADYA BANDUNG
 

7

NAMA SITI DIDAH FARIDAH BENDAHARA II
ALAMAT JL. SUKARMA NO. 270 / 198 A KOTA MADYA BANDUNG
PEMBANTU UMUM
a NAMA ASEP RUKMANA PEMBANTU UMUM
ALAMAT JL. SUKARMA NO 6  KOTA MADYA BANDUNG
b NAMA LALAN JAELANI PEMBANTU UMUM
ALAMAT JL. SUKARMA NO 6
c NAMA AYI ABDUL HALIM PEMBANTU UMUM
ALAMAT JL. SUKARMA NO. 6 KOTA MADYA BANDUNG

 

 

 

 

 

 

setelah menyempurnakan pengurus baru maka kami dapat melaksanakan keinginan para pewakif  dan sesuai dengan anggaran dasar Yayasan bahwa di komplex Baabussalam akan diadakan Pondok pesntren dan Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah  juga pengajian yang mondok dikomplex Baabussalaam (Asrama) yang menodong/ngalong dari luar.

Sedangkan Sekolah Dasar (SD)  hanya menyelesaikannya yang ada saja hingga semua  selesai kelas VI. (tidak lagi menerima kelas 1)

Sekian sekedar membeberkan perkembangan  Yayasan Baabussalaam, apabila terdapat kekeliruan tik dan sebagainya,  mohon maaf yang sebesar besarnya.

 

Dibuat pada hari Rabu :

Bandung : 29 Rabiul Awal 1407 H

31 Desember  1986 M

 

 

YAYASAN “ BAABUSSALAAM

 

 

TTD                                                                                                                         TTD

 

(H. USTMAN SADELI)                                                                                      ( AHMAD ZEIN ARIFIN )

KETUA UMUM                                                                                                    SEKRETARIS

 

 

 

MENGETAHUI/ MENYETUJUI

 TTD

(BAPAK KIAI AHMAD SHODIQIN)

SEPONSOR UTAMA

 

 

 

Disalin dan diperiksa keasliannya  tgl 16 Oktober 2016

Oleh

 

TTD

 

KH.M.Hasan Mukarrom, S.Ag